Wednesday 21 May 2014

DANGEROUS GAME


 DANGEROUS GAME (Gramedia Pustaka Utama, 2014)

Sinopsis:
Bagi Josephine alias Josie, masa lalu bukan hanya kenangan manis. Tapi juga cinta yang suram dan berbahaya yang membayangi hidupnya. Setengah mati ia ingin terlepas dari perangkap itu.
Namun saat ia bertemu dengan kakak beradik Mario dan Nicole, lagi-lagi ia terjerembap ke lubang yang sama. Mario yang memikat hatinya ternyata juga memikat hati Kayla, sahabatnya. Tapi bukan itu yang menyeret Josie ke dalam sebuah permainan berbahaya.
Nicole, memesona dan  penuh misteri, menuntunnya ke dalam permainan yang tak ingin ia mainkan. Dan lagi-lagi Josie harus memilih antara cinta dan nuraninya.
Ini bukan sekedar kisah  cinta segitiga.
Ini kisah cinta yang tidak biasa. 
Cinta yang menggiringmu ke dalam permainan berbahaya.

Naskah Dangerous Game mulai kutulis sekitar bulan Oktober 2011. Dan butuh sekitar setengah tahun untuk menuntaskannya. Tepat pada tanggal 18 April (tanggal kelahiran anakku), aku mengirimkan naskah ini ke penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Kirim. Lupakan. Tulis naskah baru lagi. 
Itu mantra yang harus kulafalkan. Berkali-kali.
Thanks to my lovely friend, Lexie Xu, yang mengajariku mantra itu.
Percaya deh, aku berusaha sekuat tenaga :)
Dan hari demi hari terus bergulir.

Sementara menunggu, Lexie dan beberapa rekan penulis lainnya mengajakku berpartipasi dalam penulisan kumcer horror.Dan hasilnya akhirnya terbit setahun kemudian.
Tales From The Dark, Gramedia Pustaka Utama, 2013

Terus, gimana dengan nasib si Dangerous Game?
Setelah menanti selama setahun dan tidak ada kabar yang datang menghampiri, akhirnya Lexie mengusulkan agar aku menulis email pada Mbak Anastasia Mustika (pemred fiksi GPU). Dan  walau sempat deg degan setengah mampus, akhirnya aku memberanikan diri untuk menulis email  pada beliau.

Daaaannn…

Aku jingkrak-jingkrak melebihi noraknya penyanyi dangdut di panggung hajatan saat membaca balasan dari Mbak Anas. Yah, seperti yang sudah bisa ditebak (pasti udah bisa nebak dong dari jingkrak-jingkraknya), naskah Dangerous Game ternyata sudah diputuskan lolos seleksi sejak tahun kemarin. Namun karena data-dataku katanya terselip, makanya aku belum bisa dihubungi.

Ah, semua itu nggak jadi masalah kok. Yang jelas, akhirnya aku berhasil menembus salah satu penerbit terbesar di Indonesia ini.  Semua masa penantian rasanya terbayar sudah.
YIPPIE.

Nah, apa setelah itu perjuanganku selesai? Ah, kata siapa?
Well, ceritanya nggak semudah itu.Catat baik-baik ya.
Setiap penulis yang sudah pernah menerbitkan buku pasti tahu persis bagaimana panjangnya proses menerbitkan sebuah buku itu.
Antri Editing dan revisi
Editing dan revisi
Antri setting
Setting
Antri proof reading
Koreksi proof
Menentukan konsep kover/ antri kover/ pengerjaan kover
(Untuk kover, karena aku minta tolong jasa salah satu teman, Dadan Erlangga, makanya bisa dilakukan lebih awal selagi menunggu settting/proof reading). Tapi prosesnya pun sama sekali TIDAK sederhana. Setelah konsep kover yang kami ajukan pada editor ditolak 3 kali (iya, 3 kali :)), akhirnya konsep yang pertama disetujui juga #lapkeringat. Kover yang keren, kan? Ya ya ya? #maksa)
Setelah itu koreksi proof diperiksa sekali lagi.
Antri naik cetak.
Dan semua itu TIDAK SEBENTAR.
Sekali lagi.
TIDAK SEBENTAR.

Bayangkan ini, berapa banyak penulis yang berada di posisi kita? PERSIS.

Well, semua proses itu membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun. Ditambah proses seleksi satu tahun, total 2 tahun naskah ini dierami hingga akhirnya menetas.

Namun, perjalanan sepanjang ini memang layak dijalani semua penulis. Aku belajar banyak saat proses editing dan revisi dengan editorku, Donna Widjajanto dan Siska Yuanita.
Dan Lexie Xu juga mengajariku hal yang penting dalam proses menjadi penulis yang baik (ciee).
Membaca.
Menulis dan Membaca. Anggap saja mereka berdua adalah soulmate. 
Membaca adalah proses pembelajaran alami. Dan thanks to Lexie juga, dia sudah memperkenalkanku pada beberapa buku keren.


Dangerous Game, Gramedia Pustaka Utama 2014
Sampul depan: Dadan Erlangga.


Sinopsis Dangerous Game di situs Gramedia 
 Tales From The Dark, Kumcer Gramedia Pustaka Utama 2013

No comments:

Post a Comment